Sabtu, 20 Maret 2010

PENGERTIAN ETIKA PROFESI

Secara umum kata etika atau etik berasal dari kata ethos (bahsa Yunani) yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat. Etika adalah aturan perilaku, adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya serta cara pandang yang dimiliki oleh seseorang ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakan-tindakan yang telah dikeraannya itu sala hatau benar, buruk atau baik. Sehingga akan tercipta atasan yang dapat mengatur tatacara pergaulan manusia secara individu maupun didalam kelompok sosialnya.

Secara khusus etika dapat dikaitkan dengan bentuk aturan (kode etik) secara tertulis yang sengaja dibuat berdasarkan prinsip yang ada dalam kehidupan bermasyarakat, dan pada saat dibutuhkan dapat diadikan dasar untuk menghakimi segala tindakan yang dinilai bertentangan dan menyimpang dari kode etik tersebut.

Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa etika merupakan sebagai gambaran bentuk pengendalian diri, karena etika dibuat, ditujukan dari dan untuk kepentingan seseorang, kelompok sosial, dan juga profesi itu sendiri.

Oleh karena itu setiap orang hanya dapat memperoleh kepercayaan dari masyarakat dan lingkungannya bilamana dalam diri setiap orang tersebut ada kesadaran kuat untuk mengindahkan kode etik tersebut dalam setiap profesi dan kehidupannya.

Jadi yang dimaksud dengan Etika Profesi adalah suatu pelayanan yang dilakukan oleh seseorang dengan penuh tanggung jawab demi melayani tugas dari manusia, masyarakat dan juga profesinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar