Sabtu, 20 Maret 2010

PERBANDINGAN KODE ETIK

Seorang enginner harus memahami, menjunjung tinggi, dan menerapkan kode etik dalam kehidupannya, baik dalam bidangnya, organisasi, maupun negaranya.

Kode etik dalam setiap bidang, organisasi, maupun negara dapat berbeda-beda, namun tujuannya teteplah sama, yaitu memberikan dampak serta pandangan positif bagi semua aspek dalam bidang, organisasi, negara, dan juga bagi enginner itu sendiri.

Dalam bidangnya seorang enginner haruslah bertanggung jawab terhadap bidang atau profesinya, agar timbul sikap pantang menyerah dalam menjalankan setiap aktifitasnya. Selain itu seorang enginner haruslah memiliki sikap jujur, agar dapat menimbulkan rasa percaya dari konsumen dan masyarakat. Dan seorang enginner harus pula memiliki daya kreatifitas yang tinggi, agar dapat meningkatkan kemampuan dan wawasannya didalam bidang atau profesi yang dijalankannya.

Dalam organisasi seorang enginner tidak hanya harus bertanggung jawab dan jujur kepada bidang dan juga konsumennya, akan tetapi dibutuhkan pula rasa tanggung jawab dan jujur terhadap setiap aspek atau enginner lain yang ada dalam organisasi dan juga organisasi yang lain, sehingga tidak ada konflik atau kesalah pahaman antara atasan dan bawahan dalam organisasi maupun antara organisasi yang satu dengan organisasi yang lainnya, serta dapat meningkatkan daya kreatifitas enginner dan juga organisasinya didalam dunia industri.

Dalam suatu negara, enginner haruslah pula mentaati kode etik yang berlaku pada negara dimana ia menjalankan profesinya. Kode etik pada suatu negarapun berbeda-beda, antara negara yang satu dengan negara yang lainnya. Dengan mentaati kode etik yang berlaku pada negaranya, maka seorang enginner dapat bertanggung jawab, jujur, dan berkreasi demi kemajuan teknologi, industri, dan negaranya.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa perbedaan kode etik enginner berdasarkan bidang, organisasi, dan negara adalah semakin besar lingkup seorang enginner, maka semakin besar dan semakin banyak pula kode etik yang harus dipahami dan diterapkan dalam kehidupannya, agar dapat menghasilkan daampak positif serta kemajuan yang lebih luas dan baik pula bagi profesi, bidang, organisasi, negara, dan kehidupan enginner itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar